Turut Berperan Dalam Pembangunan RS Leishenshan

Kamis, 07 Mei 2020 | 12.00 WIB

Turut Berperan Dalam Pembangunan RS Leishenshan

Software Simulasi SIMULIA XFlow (Dassault Systèmes)


Centroone.com - Salah satu fasilitas kesehatan terbesar terkait penanganan covid-19, Rumah Sakit Leishenshan di  Wuhan, China dibangun secara modular dan mengejutkan dunia dengan konstruksi hanya 14 hari. 

Didesain Central-South Architectural Design Institute (CSADI) China,  rumah sakit ini dibangun dengan banyak pertimbangan termasuk  menghindari kontaminasi dari lingkungan terdekat, terutama meminimalkan infeksi silang di rumah sakit, serta dampak apa pun terhadap lingkungan internal, kerumunan dan sekitarnya.

Dassault Systèmes sendiri ambil bagian dengan mendonasikan software SIMULIA XFlow yang didukung platform 3DEXPERIENCE ke CSADI. Softaware tersebut digunakan untuk simulasi cairan di dalam dan di luar ruangan, penyebaran virus di sistem ventilasi, serta proyek-proyek lain di Rumah Sakit Leishenshan.

“SIMULIA XFlow juga mensimulasikan dampak emisi gas buang luar ruangan terhadap lingkungan sekitarnya untuk membantu pemilihan desain dan lokasi rumah sakit modular.” kata Zhang Shen, Direktur Pusat Teknologi Digital Teknik, CSADI. 

CSADI dan Dassault Systèmes juga menggunakan kemampuan replika platform 3DEXPERIENCE untuk mensimulasikan kontaminasi dan penyebaran virus dalam sistem ventilasi rumah sakit guna menangkal efek negatif dari risiko ventilasi tak terduga.

“Teknologi Dassault Systèmes berfokus pada kehidupan dan masa depan. CSADI menunjukkan 'China Speed’ selama pembangunan Rumah Sakit Leishenshan dan akan menggunakan software canggih SIMULIA XFlow Dassault Systèmes untuk mensimulasikan skema distribusi udara dalam ruangan dan mengoptimalkan saran tentang pembuangan kontaminasi yang lebih baik di bangsal bertekanan negatif, demi melindungi tenaga medis,”  tambahnya lagi. 

Langkah itu sendiri,  merupakan salah satu peran serta Dassault Systemes terhadap kehidupan manusia serta berkontribusi positif bagi lingkungan selama pandemi dan untuk rumah sakit di masa depan bersama CSADI. 

“Dassault Systèmes berkomitmen membantu perusahaan di China memerangi COVID-19 dengan bantuan teknologi, berfokus pada restorasi dan pengembangan perusahaan setelah pandemi berakhir,” kata Ying Zhang, Managing Director Dassault Systèmes, Greater China.  bb