Perdana Digelar,ITS Tuan Rumah Jambore Kendaraan Listrik Nasional

Jumat, 19 Jul 2019 | 02.00 WIB

Perdana Digelar,ITS Tuan Rumah Jambore Kendaraan Listrik Nasional

Rombongan rektor ITS menjajal mobil listrik Limosin. (Windhi/Centroone)



Centroone.com - ITS meluncurkan kegiatan Jambore Kendaraan Listrik Nasional. Kegiatan yang baru kali pertama, rencananya digelar mulai 28 Agustus selama lima hari perjalanan dari Surabaya menunju Jakarta. Kedua mobil listrik yang baru diluncurkan ITS, Lowo Ireng Reborn dan Limoain, nantinya juga dipersiapkan untuk mengikuti jambore tersebut.

Selain dari ITS, jambore yang digelar oleh ITS tersebut rencananya juga diikuti sejumlah instansi lainnya, baik dari perguruan tinggi maupun swasta untuk memperebutkan Piala Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti). “Dari ITS sendiri akan ada sembilan kendaraan listrik yang mengikutinya, baik mobil maupun motor listrik,” ungkap Nur.

Jambore nasional tersebut akan berbentuk rally dan menempuh jarak 800 kilometer. Untuk mengikuti perjalanan rally tersebut, setiap kendaraan wajib mematuhi regulasi yang telah ditentukan oleh panitia dan telah memiliki surat izin jalan dari kepolisian.

Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan besar dari PT PLN (Persero) dalam menyediakan pengisian daya di setiap unit wilayah yang dilalui para peserta rally nantinya. Sebenarnya, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberi wawasan lebih kepada masyarakat mengenai kendaraan listrik yang penggunaannya sangat efisien dan ramah lingkungan.

Harapannya, program inovasi yang berkelanjutan ini nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat dan memicu industri untuk memasarkan produk kebanggan Indonesia ini.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dalam sambutannya juga memberikan apresiasi kepada semuanya. Pasalnya, Lowo Ireng Reborn dan Limosin bukan hasil kerja satu atau dua hari saja, namun perlu waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakannya. “Jangan biarkan karya di satu puncak saja, harus ada puncak lagi, puncak lagi dan seterusnya,” tandas rektor yang akrab disapa Ashari.

Dalam kesempatan tersebut, Ashari juga dipersilahkan untuk melakukan uji coba mengendarai mobil Lowo Ireng Reborn tersebut mengelilingi kawasan ITS. Kendaraan tersebut tampak sangat nyaman dan suara mobil tersebut hampir tidak terdengar. “Luar biasa, semuanya nyaman dan mantab,” ungkap Ashari dengan nada puas setelah mengendarai mobil Lowo Ireng Reborn. (windhi/by)