Wow! Pecahkan Rekor, Dua Biji Mangga ILaku Rp 63 jutaan

Sabtu, 04 Mei 2019 | 19.00 WIB

Wow! Pecahkan Rekor, Dua Biji Mangga ILaku  Rp 63 jutaan

ilustrasi buah mangga (pixabay)



Centroone.com - Dua biji mangga premium memecahkan rekor saat terjual dengan harga 500 ribu Yen atau sekitar Rp 63 jutaan di lelang di pasar grosir di Miyazaki, Jepang bulan April lalu.  Harga mangga spesial bernama Taiyo no Tamago atau Sun Egg (Telur Matahari) itu  lebih mahal dari harga tahun lalu sebesar 400 ribu Yen. 

Sebelum ditawarkan kepada publik, hasil panen perlu memenuhi beberapa kriteria, yaitu, masing-masing seberat setidaknya 350 gram, mengandung kadar gula tinggi dan lebih dari 50 persen kulit merah. Kondisi telah ditetapkan oleh Federasi Ekonomi Pertanian Miyazaki.

Acara lelang buah yang dimulai sekitar jam 7 pagi diikuti oleh pengunjung yang kemudian terkejut dengan pengumuman harga untuk kedua mangga tersebut. Kedua biji mangga itu dibeli perusahaan grosir lokal di Miyazaki. 

"Harga mangga akan mendorong petani mangga untuk terus menghasilkan warna berkualitas," kata Shota Tatemoto, 35, seorang karyawan perusahaan seperti dilaporkan Japan Times. 

Dikirim kepada pemiliknya dalam wadah khusus dengan berat mencapai sekitar satu kilogram, itu akan dijual di supermarket di Fukuoka. Musim panen mangga diperkirakan akan dimulai pada pertengahan Mei hingga Juni. by