Gara-gara Pacar, 2 Pilot Ini Terima Hukuman Berat

Jumat, 06 Des 2019 | 18.00 WIB

Gara-gara Pacar, 2 Pilot Ini Terima Hukuman Berat

ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - Dunia penerbangan melarang orang lain di luar pilot dan kopilot berada di kokpit saat penerbangan. Aturan itu muncul untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.  Siapapun yang melanggar aturan tersebut akan berhadapan dengan hukuman berat. 

Hal itu menimpa dua pilot di negara berbeda. Pilot bernama Kirill S terancam hukuman denda besar serta pidana, sementara seorang pilot maskapai Air Gullin, kehilangan lisensi penerbangan  dan dicekal untuk jadi pilot lagi sepanjang  seumur hidup. 

Kedua pilot itu mendapat hukuman setelah membiarkan kekasih masing-masing duduk di kokpit dan bahkan mengendalikan pesawat. 

Dilaporkan The Sun,  Kirill S mengizinkan pacarnya, Anna, untuk berada di kokpit pesawat InAero. Pesawat  melakukan perjalanan dari Yakutsk ke Batagai, Rusia. Anna, yang diyakini berusia 20-an, tidak memiliki kualifikasi dalam penerbangan.  Penerbangan dilaporkan terjadi pada 31 Agustus lalu.

Perisitiwa itu diketahui setelah Anna berbagi momen di kokpit lewat sosial media. 

Sementara itu pilot Air Gullin - yang tidak diketahui namanya   dilarang terbang seumur hidup setelah membiarkan pacarnya duduk di kokpit selama penerbangan.

Sama seperti kejadian di Rusia, momen itu terungkap lewat unggahan si pacar di sosial media.  Foto itu itu diunggah ke media sosial dengan tulisan “Terima kasih kapten. Saya sangat senang, ”lapor Daily Mail.

Dalam sebuah pernyataan, Air Guilin meminta maaf dan mengkonfirmasi insiden tersebut selama penerbangan dari Guilin ke Yangzhou pada 4 Januari.   Parahnya, akibat momen itu semua yang awak kabin ikut kena hukuman.  kopilot, manajer kabin, dan pramugari dan pramugari juga diskors selama 12 bulan.  

Sementara dari jajaran eksekutif maskapai juga turut mendapat hukuman. Kepala Maskapai , manajer  serta empat petinggi lain mendapat denda tiga bulan potongan gaji,  by