Jutawan Jepang Yusaku Maezawa Terbang ke Bulan Bersama Space X

Sabtu, 29 Sep 2018 | 14.00 WIB

Jutawan Jepang Yusaku Maezawa Terbang ke Bulan Bersama Space X

ilustrasi bulan (pixabay)



Centroone.com - Sebelum mengirim manusia ke Mars, SpaceX - perusahaan antariksa Elon Musk bakal mengirim manusia untuk "berlibur" ke bulan. Jutawan Jepang Yusaku Maezawa menjadi penumpang pertama misi ke bulan SpaceX.

Sang jutawan adalah pendiri situs e-commerce Zozotown.  Sebelumnya,  Maezawa menjadi bahan pembicaraan tahun lalu setelah menghabiskan USD110,5 juta untuk sebuah lukisan karya seniman Jean-Michel Basquiat dalam sebuah lelang di New York.

Yusaku Maezawa dan Elon Musk enggan berbagi berapa biaya yang dikenakan untuk misi yang menargetkan peluncuran pada tahun 2023. Delapan sosok kreatif (seniman, fotografer, musisi, sutradara film dan developer) akan diundang untuk berpartisipasi misi ini secara pribadi oleh Yusaku Maezawa. "Sejak kecil saya suka bulan, dia selalu ada dan terus menginspirasi orang," kata Yusaku Maezawa seperti dilansir BBC. 

Misi itu sendiri kemungkinan menggunakan roket Big Falcon (BFR), sebuah sistem peluncuran yang diperkenalkan oleh Musk pada tahun 2016. BFR sendiri, sebenarnya disiapkan untuk misi ke Mars.

BFR belum pernah terbang, tetapi Musk telah merilis beberapa rincian teknis tentang hal itu. Roket ini diharapkan memiliki ketinggian 118 meter dan memiliki diameter 9 meter. Sebagai perbandingan, Falcon Heavy memiliki tinggi 70 meter dan terdiri dari inti roket pusat yang dikelilingi oleh dua penguat, masing-masing dengan diameter 3,66 meter. 

Misi ini yang untuk saat ini direncanakan untuk 2023, bakal menandai kunjungan pertama ke Bulan oleh manusia sejak Apollo 17 dari Nasa membuat pendaratan pada tahun 1972. by