NASA Berambisi Ciptakan Pesawat Supersonik Anti Bising

Sabtu, 29 Jul 2017 | 18.00 WIB

NASA Berambisi Ciptakan Pesawat Supersonik Anti Bising

ilustrasi jet supersonic NASA (IST)


Centroone.com - Pesawat supersonik komersial Concorde melakukan penerbangan terakhir pada 2003. Pesawat ini dihentikan operasionalnya karena biaya yang terlalu tinggi, sementara bodi pesawat sudah terlalu tua. 

Pengembangan pesawat supersonik generasi terbaru kini sedang dilakukan oleh badan antariksa NASA melalui projek QueSST (Quiet Super Sonic Transport). Dikutip dari situs resmi mereka, Pihak NASA mengumumkan mereka telah menerima konsep dari sejumlah produsen pesawat untuk menghasilkan purwa rupa pertama pesawat ini.

Amerika Serikat memang serius menciptakan pesawat supersonik untuk saat ini. Pengembangan ini sekaligus usaha Amerika Serikat untuk menebus kegagalan proyek SST Boeing 2707 yang dihentikan  pada tahun 1971.  Proyek SST Boeing 2707  adalah titik hitam di dalam sejarah penerbangan Amerika Serikat karena kalah oleh Uni Soviet (Tupolev Tu-144) dan Eropa (AĆ©rospatiale/BAC Concorde). 

QueSST berambisi menciptakan pesawat yang hanya menghasilkan sekitar 65 dBa saat terbang pada kecepatan supersonik.  Ini sama dengan bunyi yang dihasilkan sebuah mobil sedan yang bergerak di jalan. Masalah kebisingan jadi tantangan tersendiri karena Concorde, sempat dilarang terbang di beberapa tempat karena kebisingannya yang mencapai 90 dBa.

NASA telah menyiapkan dana sampai USD 390 Juta dengan target melakukan ujian penerbangan pertama pada tahun 2022. Pesawat purwarupa ini mempunyai panjang 28 meter dan mampu terbang pada ketinggian 55,000 kaki.  Nantinya purwarupa buatan NASA ini akan membuka era kedua penerbangan supersonik komersial.    by