Tingga di Mars? Ini Yang Wajib Kamu Punya

Kamis, 28 Apr 2016 | 17.00 WIB

Tingga di Mars? Ini Yang Wajib Kamu Punya

Ilustrasi Mars (IST)


Centroone.com - Para peneliti dan ilmuwan ruang angkasa sampai saat ini terus berusaha menemukan bukti adanya kehidupan di Mars.  Berbagai penelitian dan penjelajahan lewat kendaraan tanpa awak terus dilakukan untuk membantu menemukan bukti Mars layak dan bisa ditinggali oleh manusia bumi.

Namun tantangan tidak hanya terbatas pada pembuktian, menurut Dr Jonathan Clarke, Presiden Mars Society Australia, manusia harus punya kepribadian dan ketrampilan khusus agar bisa bertahan hidup di Mars. Menurut Dr Jonathan Clarke, hidup di Mars akan sangat berbeda karena gravitasi yang lebih lemah. Orang akan mampu mengangkat benda berat dan obyek yang lebih besar karena benda itu lebih ringan dibanding di Bumi.  Namun dia mengatakan orang-orang hanya akan bertahan hidup dengan tipe kepribadian tertentu.

"Anda harus mampu menghadapi berbagai masalah yang muncul, bukan hanya masalah teknis, tapi juga masalah manusia, masalah sosial, dan masalah psikologis. Itu berarti Anda harus menjadi orang yang sangat cerdas secara emosional.  Anda juga perlu keahlian memotivasi diri dan memiliki kepemimpinan yang tinggi, juga dapat bekerja dengan orang lain dan membiarkan mereka memimpin di bidang keahlian mereka,” tuturnya.

Dr Jonathan juga mengatakan siapa pun yang bisa bertahan di lingkungan ini akan membutuhkan keterampilan orang-orang hebat. "Anda akan membutuhkan sekelompok orang tidak hanya untuk beberapa hari atau beberapa bulan, tapi juga untuk bertahun-tahun.  Kelompok ini akan berakhir lebih seperti sebuah keluarga. Anda mungkin harus tahu dua atau tiga pekerjaan lain sehingga Anda bisa melakukannya dalam keadaan darurat. Anda bisa melakukan pertolongan pertama, merawat. Anda bisa membawa pesawat ruang angkasa ketika mendarat atau Anda bisa mengendalikan rover.”tambahnya lagi.

Dr Jonathan Clarke adalah satu dari tujuh orang di dunia yang telah dipilih untuk misi Mars 160, yang dijalankan Mars Society.  Dalam misi itu, Dr Jonathan melakukan penelitian di bumi dengan berbagai keadaan lingkungan untuk mensimulasikan aspek misi manusia ke dunia lain.   bbs