Anak Surabaya Harus Melek IT dan Kuasai Bahasa Asing

Minggu, 24 Jan 2016 | 05.17 WIB

Anak Surabaya Harus Melek IT dan Kuasai Bahasa Asing

Anak-anak Surabaya saat tengah membaca di perpustakaan keliling (Centroone)


Centroone.com - Guna memersiapkan siswa di Surabaya untuk menghadapi tantangan jaman yang modern, khususnya di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), tentu anak usia pelajar di Kota Pahlawan ini harus bebas buta huruf dan aksara.

Namun hal ini tak menyangkut masalah membaca dan menulis saja, siswa di Surabaya juga harus melek IT serta kemampuan menguasai bahasa asing.

Paling tidak anak usia pelajar di Surabaya harus mampu menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris. Sebab bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipakai seluruh negara.

“Kalau dulu buta huruf ialah tidak bisa membaca, namun saat ini ialah harus mampu mengikuti perkembangan kemajuan teknologi (IT, red),” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya Ikhsan.

Ikhsan menambahkan, dengan kemampuan penguasaan IT yang baik serta mampu berbahasa asing, kita tidak hanya bisa menyerap ilmu pengetahuan di dunia maya, namun juga mampu menyebarluaskan potensi dan kemampuan yang dimiliki kepada dunia, . “Ini yang menyebabkan kemampuan IT dan berbahasa asing yang baik menjadi sebuah modal utama dalam meraih masa depan yang gemilang di era MEA,”  tutur Ikhsan.

Mantan Kepala Bapemas dan KB tersebut berpesan agar para siswa menjaga erat tali pertemanan yang baik, tetap rendah hati, patuh kepada guru dan orang tua serta mampu memanfaatkan waktu dengan semaksimal mungkin untuk menggali potensi diri meraih cita-cita yang diinginkan. (windhi/by)